Kamis, 13 November 2014

Sistem Operasi

Langsung saja tanpa basa basi hihi hoho hehe, berikut ini adalah uraian tentang sistem opresi:

Pengertian


Sistem Operasi (operating system) adalah salah satu perangkat lunak (software) atau program yang berfungsi sebagai pengatur hardware. Dengan kata lain SO adalah program yang menghubungkan antara braiware dan hardware. Tanpa adanya SO hardware tidak akan maksimal manfaatnya, begitu pula dengan brainware tanpa adanya SO tidak dapat menggunakan hardware bagaimana semestinya. Jadi ketiga hal tersebut sangat berkaitan.



Sejarah


Setiap hal yang diciptakan pasti memiliki sejarah, begitu juga dengan SO. Sistem operasi memiliki beberapa generasi dari sejak awal pembentukan. Tiap generasi pasti memiliki perbedaan yang sangat signifikan, berikut ulasannya :


Generasi Pertama (1945-1955)

Pada generasi ini belum ada istilah SO komputer seperti yang kita gunakan saat ini. Pada generasi pertama instruksi yang diberikan masih dikerjakan secara langsung. Lebih dikenal dengan mikrokontroler, yaitu kompenen elektronika sejenis IC yang di dalamnya sudah ditanamkan sebuah firmware. Firmware dibuat dengan bahasa assembly dan metodenya dikenal dengan Embedded System atau sistem yang tertanam. Sistem hanya didedikasikan untuk tujuan tertentu saja (specific purpose).

Generasi Kedua (1955-1965)
Sudah mengenalkan Batch Procissing System, yaitu job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara beruntun. Proses yang pertama dikerjakan sampai selesai kemudian berlanjut pada proses berikutnya. Pada generasi ini sudah ada beberapa fungsi seperti FMS dan IBSYS yang ada pada SO sekarang.

Generasi Ketiga (1965-1980)
Pada generasi ini sudahtidak lagi hanya untuk tujuan tertentu tapi bisa untuk beberapa tujuan. Para pemakai berkomunaki melalui terminal secara on-line ke komputer sehingga menjadi multi-user.

Generasi Keempat (setelah 1980)
Pada generasi ini telah muncul istilah GUI (Graphical User Interfaces) sehingga pengguna lebih mudah dalam menggunakannya.


nah itulah secuil ulasan tentang sistem operasi, walau hanya secuil semoga bermanfaat. Untuk lebih lengkapnya silahkan googling.

0 komentar:

Posting Komentar