Jumat, 14 November 2014

Sistem Operasi GUI dan CLI

Pada dasarnya sistem operasi berdasarkan antarmukanya dibedakan menjadi dua yaitu, berbasis GUI dan CLI. Nah apa itu GUI dan CLI akan saya jelaskan melalui sedikit untaian kata berikut :

Sistem Operasi GUI

GUI ( Graphical User Interface ), merupakan antarmuka pada sebuah sistem yang menggunakan menu grafis untuk mempermudah pengguna dalam berinteraksi dengan komputer. GUI sendiri bukanlah sebuah sistem operasi melainkan hanya sebuah desain antarmuka yang memiliki tampilan atraktif dibanding selain GUI. Dengan kata lain basisnya lebih user-friendly atau mudah dipahami. Antarmuka dengan basis ini pertama kali dipakai oleh SO yang berasal dari Apple yaitu, Macintosh. Jadi wajar apabila saat ini Apple belum terkalahkan dalam segi grafisnya. Berikut adalah gambar dari SO yang berbasis GUI :



Orang awam pun akan mudah memahami dan menggunakan komputer dengan sistem operasi berbasis GUI karena tampilannya yang mudah dipahami dan menarik. Ada pula yang mengatakan Hidup akan lebih cerah dan berwarna dengan GUI.

Sistem Operasi CLI

CLI ( Command Line Interface ), merupakan antarmuka pada sebuah sistem yang menggunakan menu baris perintah yang diinputkan melalui keyboard sebagai sebuah interaksi antara brainware dan hardware. Pada umumnya SO berbasis ini lebih sedikit memakan daya memory sehingga performanya sedikit lebih cepat dari pesaingnya yaitu GUI. Karena lebih cepat maka jenis ini sering digunakan sebagai server. Disamping lebih cepat juga lebih efisien karena hanya berupa baris-baris perintah saja. Sebagai contohnya adalah Debian Server.


Sekian dulu ulasan pada kesempatan ini, semoga artikel Sistem Operasi GUI dan CLI ini bermanfaatdan  apabila ada kritik saran ataupun pertanyaan silahkan ungkapkan pada kolom komentar.

0 komentar:

Posting Komentar