Kamis, 20 November 2014

Sejarah Nama dan Logo Apple

Saat ini banyak orang yang merasa bangga memiliki produk buatan dari Apple tapi banyak juga diantara mereka tidak tau sejarah dari Apple yang selalu mereka banggakan itu. Sebagai pengguna yang baik layaknya mengetahui apa sejatinya yang mereka gunakan dan itu akan bisa memaksimalkan kebanggaan dalam diri.
      
Nama  dan Logo Apple

Banyak orang mengatakan nama adalah do’a, oleh karenanya sebuah nama kebanyakan memiliki makna, sejarah dan harapan tersendiri dari sang pemberi nama. Begitu pula dengan Stave Jobs, beliau memberi nama Apple pada ciptaan / produknya tentu ada alasan dan harapannya, berikut adalah ulasannya :

Ø  Stave Jobs adalah penggemar The Beatles, dan nama Apple diambil dari salah satu label album milik The Beatles.
Ø  Apple dianggap buah yang sempurna di mata Stave Jobs.
Ø  Beliau juga menginginkan produk mereka mudah dicari maka, huruf awalnya adalah A, dan itu sangat dekat dengan daftar alfabet.
Ø  Buah apel adalah buah pengetahuan seperti yang ada dalam cerita Adam dan Eve di kisah penciptaan.

Disamping itu banyak juga rumor yang beredar seperi salah satu cerita tentang Alan Turing. Alan Turing adalah seorang matematis, logician, cryptanalyst dan sekaligus ilmuwan komputer yang sangat berperan dalam perkembangan teknologi komputer saat ini.
        Konon Turing adalah seorang homoseksual, dan disaat itu hal tersebut belum diperbolehkan seperti saat ini. Karena banyak dikecam ia merasa tertekan dan tidak kuasa menahan siksaan batin sampai akhirnya ia memutuskan untuk bunuh diri. Sebuah apel yang telah tergigit setengah ditemukan di dekat mayat Turing. Diduga buah apel tersebut mengandung racun sianida. Hal tersebutlah yang mendasari logo apple buakan buah apel yang utuh namun, pihak Apple sendiri menyangkal bahwa kisah tersebut memiliki keterkaitan dengan logo mereka.

Kisah Sebenarnya
        
       Memang terdapat banyak isu dan rumor menganai nama perusahaan milik Stave Jobs tersebut, namun kisah berikut adalah kisah yang paling dibenarkan.
        Nama Apple diperoleh saat Stave Jobs bekerja di kebun buah-buahan Oregon dan beliau mandapat nama apple dari brand ternama yaitu McIntos Apples. Dan itu juga alasan kenapa Apple menamakan Sistem Operasi mereka dengan nama Macintosh. Dari kisah inilah Stave Wozniak, co-founder Apple mengatakan “ semua yang terdengar menarik adalah benar”. Jadi, mungkin inilah kisah sebenarnya dari nama dan logo perusahaan mereka.

Perjalanan Logo Apple
        
       Seperti halnya sebuah penemuan dan inovasi, logo Apple pun mengalami banyak perubahan mulai saat pertama berdiri (1976) sampai saat ini.
        
        Pertama (1976-1976)

Logo pertama didesain oleh Ronald Wayne (tekenal dengan co-founder Apple ketiga). Dalam logo ini terdapat gambar seseorang yang duduk di bawah pohon apel dan orang tersebut adalah Isaac Newton. Di atas kepala Newton terdapat buah apel. Logo ini menyertakan Newton karena Newton adalah ilmuan yang sangat terkenal dengan penemuan-penemuan anehnya dan apel sebagai lambang kemewahan atau kemakmuran. Dalam logo logo ini terdapat juga tulisan Apple dan Computer Co., namun dari logo tersabut tidak membawa kesan bahwa Apple adalah sebuah kemakmuran melainkan sesuatu kesederhanaan. Oleh karena itu Stave Jobs memutuskan untuk mendesain ulang logo Apple.

Kedua (1976-1998)

Kali ini logo Apple didesain oleh Rob Janoff. Logo inilah yang menjadi tumpuan awal logo Apple saat ini. Logo ini memiliki warna seperti pelangi sehingga dikenal dengan The Rainbow Logo. Kenapa dalam logo ini terdapat gigitan? Hal tersebut memiliki sebuah maksud yaitu agar semua orang tahu bahwa itu adalah buah apel dan bukan buah tomat. Setahun sebelum logo diganti lagi, Stave Jobs menyarankan untuk mengganti warnanya menjadi hitam. 


Ketiga (1998-Sekarang)

Pada logo ini lebih diutamakan kesan yang elegant dan mewah serta tidak terlalu heboh dengan warna warni. Pembuatan logo ini disesuaikan dengan fashion zaman modern ini dimana Apple hanya menggunakan satu warna saja (monokromatik). Logo ini terlihat paling cocok dengan produk-produk Apple dibanding logo-logo sebelumnya.

         Akhir-akhir ini telah beredar rumor bahwa logo Apple akan diganti lagi menjadi penuh warna, namun hal tersebut sangat bertolak belakang dengan maksud dan tujuan Stave Jobs yang ingin menciptakan kesan mewah untuk produknya. Bayangkan saja jika Apple menggunakan logo yang penuh warna, tentu saja kesan mewah pada logo monokromatik akan hilang dan akan lebih terlihat aneh.


0 komentar:

Posting Komentar